-->

Doa Nabi Agar Terbebas dari Kegelisahan, Kesusahan dan Hutang

Doa Wirid Amalan – Adakah amalan doa agar hati tidak gelisah, selalu senang dan ikhlas? Kadang tanpa sebab yang jelas kita merasakan kegelisahan dan kesusahan yang tiada tara. Hati rasanya diliputi kegelapan sehingga membuat hidup tidak semangat dan selalu bad mood. Padahal tidak ada sebab yang pasti . Kalau perasaan itu sudah hinggap, aktifitas pun biasanya akan terganggu, bahkan mungkin tidak akan melakukan aktifitas apapun.

Selain hati yang gelisah, kita juga sering mengalami apa yang tidak bisa kita lepaskan dalam hidup ini, yaitu hutang. Entah karena kebutuhan atau terpeleset dalam menentukan keputusan, akhirnya kita terjerat hutang. Sama seperti rasa gelisah dan susah, hutang juga sangat menganggu perasaan hati kita. Siang malam jadi pikiran, apalagi kalau sudah waktunya membayar hutang alias jatuh tempo. Maka terbebas dari hutang adalah ketenangan bagi hati. Tidak ada kenikmatan saat beribadah melainkan saat hati dalam ketenangan karena terbebas dari berbagai tanggungan.

Doa Nabi Agar Terbebas dari Kegelisahan, Kesusahan dan Hutang


Karena itu hendaklah seorang muslim sederhana dalam hidup, dan berhias diri dengan sifat qana'ah (merasa cukup).

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

قَدْ أَفلَحَ مَنْ أَسَلَمَ وَرُزِقَ كَفَافاً وَقَنَّعَهُ اللَّهُ بِمَا آتَاهُ

"Sungguh beruntung orang yang telah islam, ia diberi rezeki yang cukup dan qana'ah (merasa cukup) dengan apa yang telah ALLAH berikan kepadanya." (HR. Muslim)

Jika anda bergelut dalam dunia bisnis, kembangkanlah sesuai kemampuan modal yang dimiliki. Jangan terlalu berani mengambil risiko dengan berhutang banyak hanya demi mengejar keuntungan dunia semata.

Jangan Lewatkan:
Wirid Ayat Al-Qur'an Agar Hutang Lunas dan Rejeki Lancar

Karena saat anda mengambil hutang, secara tidak langsung anda telah menanamkan benih kegelisahan dan ketakutan di dalam hati anda.

Rasulullah صلى الله عليه و سلم telah bersabda,

لَا تُخِيْفُوْا أَنْفُسَكُمْ بَعْدَ أَمْنِهَا. قَالُوْا: وَمَا ذَاكَ يَا رَسُوْلَ اللهِ ؟ قَالَ: الدَّيْنُ

"Janganlah kalian tanamkan ketakutan ke dalam diri kalian, padahal sebelumnya dalam keadaan tenang. Para sahabat bertanya, "Apa hal tersebut, wahai Rasulullah?." Beliau bersabda, "Hutang." (HR. Ahmad)

Baca juga : Doa Wirid Rejeki Lancar Melimpah

Namun, jika anda dalam kondisi telah terlanjur berhutang, maka berusahalah sekuat tenaga dengan memohon pertolongan ALLAH untuk melunasinya. Segera lunasi jika ada uang, dan jangan gampang atau bermudah-mudahan untuk berhutang setelahnya.

Cobalah perbanyak membaca doa di bawah ini agar hati yang gelisah menjadi tenang. Juga bisa digunakan sebagai doa untuk menenangkan hati yang sedang sedih.

Dan perbanyaklah membaca doa yang diajarkan Nabi Muhammad untuk terbebas dari rasa gelisah, sedih, sudah dan juga terbebas dari hutang berikut ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

"Ya ALLAH, sesungguhnya aku berlindung kepada-MU dari rasa gundah dan sedih, rasa lemah dan malas, sifat bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang." (HR. Bukhari)

Dalam riwayat lain bunyi doanya adalah sebagai berikut ini:

Doa Nabi Agar Terbebas dari Kegelisahan, Kesusahan dan Hutang



Inilah doa ajaran dari Nabi kita Muhammad agar kita tidak merasa gelisah, gundah gulana,  susah dan sedih dan juga terhindar dari hutang dan penindasan orang lain yang sangat dianjurkan untuk dibaca pagi dan sore. Pagi setelah sholat shubuh dan sore setelah sholat maghrib. Untuk kemakbulan doa,sebaiknya di baca 3 x. Semoga bermanfaat. 

2 Responses to "Doa Nabi Agar Terbebas dari Kegelisahan, Kesusahan dan Hutang"

  1. Do,a agar terhindar dari kesusahan hutang, boelg ga di baca lebih dari 3x..

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh saja mbak nana, untuk menunjukkan kesungguhan kita dalam memohon...Rasulullah sendiri sehari mengulang istighfar minimal 100 kali kan..

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel