Wirid-Doa Dan Amalan Mustajab

Saturday, March 5, 2016

Doa Niat Solat Gerhana Matahari Dan Cara Sholat Gerhana

Advertisement

Doa Gerhana Matahari – Pada hari Rabu 9 Maret 2016 yang akan datang akan terjadi gerhana Matahari Total di beberapa wilayah di Indonesia. Pada saat gerhana matahari seperti ini umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan sholat gerhana. Tidak dianjurkan kita untuk melihat gerhana tersebut, tapi sebaiknya kita pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat gerhana matahari. Apakah anda sudah bisa melaksanakan sholat gerhana mulai dari doa niat solat gerhana?

Doa niat sholat gerhana Matahari dan juga bulan seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah 2 rokaat dengan empat kali ruku’. Baik gerhana matahari maupun gerhana bulan caranya sama. Hanya niatnya yang agak berbeda.  Karena namanya juga berbeda. Hanya saja tata cara solat gerhana matahari dan bulan sama.

Doa niat solat gerhana matahari


Gerhana Matahari total yang akan pada tanggal 9 Maret hari Rabu besok diperkiran terjadi pada waktu pagi hari. Dan gerhana itu hanya berlangsung sebentar saja, tidak lebih dari 5 menit. Sehingga ketika kita melaksanakan sholat gerhana sampai selesai, maka kita tidak akan melihat terjadinya gerhana tersebut.

Seperti yang saya sampaikan diatas, umat Islam dianjurkan untuk melakukan sholat gerhana secara berjamaah dan hukumnya sunnah. Dalam sholat gerhana Matahati  dianjurkan pula untuk banyak membaca doa dzikir dan juga bersedekah.


Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam  Muslim, Aisyah radhiyallahu anha menuturkan bahwa pada zaman Nabi shallallahu alaihi wa sallam pernah terjadi gerhana matahari. Beliau lalu mengutus seseorang untuk menyeru ‘ASH SHALATU JAMI’AH (mari kita lakukan shalat berjamaah). Orang-orang lantas berkumpul. Nabi lalu maju dan bertakbir. Beliau melakukan empat kali ruku dan empat kali sujud dalam dua rakaat. (HR. Muslim no. 901)
Lalu bagaimana doa niat sholat gerhana matahari ?
Jangan khawatir, saya akan menuliskannya untuk anda doa niat solat gerhana matahari dalam bahasa Arab dan juga latinnya sebagai berikut:

Niat Sholat Gerhana Matahari

Sholat Gerhana Matahari


أُصَلِّي سُنَّةً لِكُسُوْفِ الشَّمْسِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا للهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATAL LIKUSUUFISSYAMSI  ROK’ATAINI MA’MUUMAN LILLAAHI TA’AALAA. ALLAAHU AKBAR.

Artinya : Saya berniat shalat gerhana matahari dua rakaat makmum karena Allah Ta’ala. Allahu Akbar


Tata cara Sholat Gerhana Matahari
Cara melakukan sholat gerhana matahari adalah sebagai berikut:
  • Sholat dua rakaat dengan mengeraskan bacaan –menurut pendapat ulama berdasarkan hadis Nabi. Lalu membaca surat Al-fatihah dan surat yang panjang seperti surat Al-Baqarah atau yang seukuran
  • Lalu ruku’ dengan ruku’ yang panjang.
  • Setelah itu mengangkat kepalanya dari ruku dan membaca “Sami’ Allahu liman hamidah rabbana lakal hamdu”
  • Lalu kembali membaca Al-Fatihah dan surat panjang yang lebih pendek dari surat pertama, seukuran Ali Imran.
  • Kemudian ruku’ dengan waktu ruku’ lebih pendek dari waktu ruku’ pertama.
  • Setelah itu angkat kepalanya dari ruku’ dan membaca,
  • Sami’ Allahu liman hamidah rabbana lakal hamdu, hamdan katsiran thayyiban mubarakan fiihi, mil’as samaai wa mil’al ardhi. Wa mil’a ma syi’ta min syai’in ba’du”
  • Lalu sujud dengan dua sujud yang panjang
  • tidak panjangkan duduk di antara dua sujudnya
  • Kemudian kerjakan rakaat kedua seperti rakaat pertama dengan dua ruku dan dua sujud yang panjang.
  • Lalu bertasyahud, dan
  • Kemudian salam



Itulah doa niat solat gerhana Matahari dan juga tata cara melaksanakan sholat gerhana matahari. Karena peristiwa ini jarang terjadi dan bahkan ketika terjadi banyak yang tidak melakukan sholat gerhana, maka banyak yang tidak paham cara melakukan sholat gerhana. Semoga tulisan ini bermanfaat. 
Doa Niat Solat Gerhana Matahari Dan Cara Sholat Gerhana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

1 comments:

Jangan Lewatkan !